kepytitle

Sekadar sebuah weblog Blog UIN MALIKI MALANG lainnya

RSS Contact

Makalah surat makkiyah dan madaniah

BAB I

PENDAHULUAN

Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur selama 23 (dua puluh tiga) tahun. Ayat-ayat dan surat-surat dalam Al-Qur’an terbagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan perbedaan tempat turunnya, waktu, sebab dan kondisinya.

Sebagian besar surat dan ayat Al-Qur’an itu Makkiyah dan sebagian lagi Madaniyah. Surat yang diturunkan sebelum Nabi hijrah disebut surat Makkiyah dan yang diturunkan setelah Nabi hijrah disebut surat Madaniyah. Walaupun turunnya di luar kota Madinah, atau bahkan dikota Mekah itu sendiri. Surat Makkiyah merupakan bagian terbesar dari surah-surah Al-Qur’an, khususnya surat-surat pendek.

Sebagian surat dan ayat Al-Qur’an ada yang diturunkan ketika Nabi sedang melakukan perjalanan (safar), dan sebagian lagi ketika beliau tidak sedang dalam bepergian. Begitu juga, ada yang diturunkan diwaktu malam hari dan ada yang turun di waktu siang hari. Ada yang turun diwaktu perang dan ada juga yang turun diwaktu damai. Ada yang turun dibumi dan ada yang turun dilangit. Ada yang turun ketika nabi berada ditengah-tengah orang banyak dan ada yang turun ketika beliau sedang sendirian.

Dalam kesempatan ini penulis akan memaparkan “Surat Makkiyah dan Surat Madaiyah”, baik mengenai pengertiannya, cara menentukan Makkiyah dan Madaiyah, perbedaan Makkiyah dan Madaniyah, ciri khas Makkiyah dan Madaniyah, urgensi dan manfaatnya.

mau yang lebih lengkap klik di sini..

This entry was posted on Senin, Oktober 11th, 2010 at 12:12 and is filed under STUDI AL-QUR'AN. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply