Tugas Praktikum DBD 5

Author: dewi chumairoh  |  Category: Tak Berkategori

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Tugas Praktikum No. 10

Author: dewi chumairoh  |  Category: Tak Berkategori

1. Union

2. Except

3. Intersect

TUGAS PRAKTIKUM DBD 4

Author: dewi chumairoh  |  Category: Tak Berkategori

1. Tampilkan data matkul dengan nama dari kolomnya berupa no_mk dan matkul.

2. Tampilkan matkul yang ber-sks dua dan bernilai 90.

3. Tampilkan matkul yang ber-sks dua atau bernilai 90.

4. Tampilkan tabel matkul dari ide_matkul 102-104.

5. Tampilkan semua matkul yang mempunyai awalan huruf “a”.

6. Tampilkan semua matkul yang mempunyai akhiran “d” dan huruf kedua “b”.

7. Tampilkan kode_ruang di tabel matkul dengan nomor tidak ada yang sama dari baris pertama sampai akhir.

8. Tampilkan data matkul setidaknya 4 baris.

9. Tampilkan data matkul dengan persyaratan, jika nilainya “90″ maka tertulis amat_baik dan selain “90″ maka baik.

TUGAS 1 PRAKTIKUM DBD KLS H

Author: dewi chumairoh  |  Category: Tak Berkategori

IRD diatas merupakan IRD dari sebuah universitas, yang terdiri dari 12 tabel, diantaranya adalah : tabel universitas, perpustakaan, fakultas, khs, nilai, ruang, mahasiswa, mata kuliah, ma’had, jurusan, dosen, dan pegawai. Diawali dari tabel universitas, yang terdiri dari fakultas, jurusan, ma’had, rektor, dan perpustakaan yang terjadi relasi dengan tabel perpustakaan dan fakultas. Pada tabel perpustakaan terdiri dari nim, nama, jenis_buku, judul-buku, kode_buku, tgl_pinjam, tgl_kembali. Tabel fakultas terdiri dari kode_fak, fakultas, kode_jur, dan jurusan yang terjadi relasi dengan tabel mahasiswa dan matkul. Begitu juga dengan tabel perpustakaan yang membentuk relasi dengan tabel mahasiswa yang terdiri dari nim, nama_mahasiswa, alamat, ttl, jenis kelamin, thn angkatan, fakultas, jurusan, no telp, nama wali, alamat wali, kode_matkul. Tabel mahasiswa juga membentuk relasi dengan tabel ma’had dan jurusan, tabel ma’had terdiri dari nim, nama, ttl, alamat, no_telp, jenis_kelamin, jurusan, nama_mabna, lantai, kamar. Sedangkan tabel jurusan terdiri dari kode_fak, kode_jur, kode_matkul, dan mahasiswa yang terjadi relasi dengan tabel pegawai yang terdiri dari nmr_pegawai, nama, ttl, alamat, pendidikan, kode_fak, bagian, honor. Untuk tabel matkul yang terdiri dari kode_matkul, nama_matkul, sks, semester, kode_jur, dan kode_ruang yang terjadi relasi dengan tabel dosen, nilai, dan ruang. Tabel dosen terdiri dari nip, nama, ttl, alamat, no_telp, jenis_kelamin, pendidikan, kode_matkul, sedangkan tabel ruang terdiri dari kode_ruang, nama_matkul, dan kode_jam. Tabel nilai terdiri dari nim, jurusan, kode_nilai, kode_matkul, kode_dosen yang membentuk relasi dengan tabel khs yang terdiri dari kode_khs dan kode_nilai.

FLOWCHART, PSEUDOCODE, DAN PROGRAMMING

Author: dewi chumairoh  |  Category: Tak Berkategori

TUGAS LOGIKA DAN ALGORITMA 4

“Angka 1 – 16 kelipatan 3″

1. FLOWCHART

2. PSEUDOCODE

Start

Read    angka 1 – 16

If          kelipatan 3 < 16

Write   “3,6,9,12,15”

Else

Write   “1,2,4,5,7,8,10,11,13,14,16”

End if

End

3. PROGRAMMING

public class demo1

{

public  static void main (String args [])

{

int a = 3;

int i = 1;

System.out.print(“\n”);

do

{

System.out.println(“kelipatan ke-”

+i + “: ” +a);

a += 3;

i++;

}while (a < 16);

}

}

PSEUDOCODE

Author: dewi chumairoh  |  Category: Tak Berkategori

TUGAS LOGIKA DAN ALGORITMA 3

Start

Read    angka 1 – 16

If          kelipatan 3 < 16

Write   “3,6,9,12,15”

Else

Write   “1,2,4,5,7,8,10,11,13,14,16”

End if

End

TUGAS FLOWCHART

Author: dewi chumairoh  |  Category: Tak Berkategori

TUGAS LOGIKA DAN ALGORITMA 2

I.Pengenalan Flowchart
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahsa pemrograman.

Pedoman dalam Membuat Flowchart

Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada

beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti :

1. Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke

kanan.

2. Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan

definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.

3. Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.

4. Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan

deskripsi kata kerja, misalkan MENGHITUNG PAJAK PENJUALAN.

5. Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.

6. Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus

ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong

aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada

flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan

percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan

seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.

7. Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.

Jenis – jenis Flowchart

Flowchart terbagi atas lima jenis, yaitu :

§ Flowchart Sistem (System Flowchart)

§ Flowchart Paperwork / Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

§ Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)

§ Flowchart Program (Program Flowchart)

§ Flowchart Proses (Process Flowchart)

Simbol-simbol flowchart
Flowchart disusun dengan simbol-simbol. Simbol ini dipakai sebagai alat bantu menggambarkan proses di dalam program.

Berikut adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart :

Kaidah-kaidah pembuatan Flowchart
Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Namun secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;
• Input berupa bahan mentah
• Proses pengolahan
• Output berupa bahan jadi.
Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu;
START: berisi instruksi untuk persiapan perlatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan masalah.q
READ: berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input.q
PROCESS: berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.q
WRITE: berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke perlatan output.q
END: mengakhiri kegiatan pengolahanq

CONTOH  FLOWCHART ALGORITMA

PENGERTIAN LOGIKA DAN ALGORITMA

Author: dewi chumairoh  |  Category: Tak Berkategori

TUGAS LOGIKA DAN ALGORITMA 1

Logika berasal dari bahasa yunani yaitu LOGOS yang berarti ilmu. Logika dapat didefenisikan dengan berfikir atau bertindak yang mempunyai tujuan untuk memecahkan sebuah masalah. Untuk mencapai tujuan dalam logika harus ada 2 hal yaitu Alat dan Cara. Sedangkan didalam kalimat logika hanya mengandung Benar atau salah, tetapi tidak keduanya.

Usaha yang dilakukan agar solusi suatu masalah dapat diperoleh adalah membuat suatu proses atau prosedur yang merupakan urutan dari langkah-langkah atau instruksi-instruksi yang berintegrasi. langkah-langkah instruksi tersebut secara umum dikenal dengan ALGORITMA. Algoritma berasal dari kata “Algioris”dan “ritmis”, Istilah tersebut pertama kali dikenalkan oleh seorang ahli Mate-matika yang bernama Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarizmi(825 M) dalam buku “AL-Jabr Wa-al Muqabla. Selain itu ada juga defenisi menurut suatu kamus bahasa Webster Dictionary bahwa Algoritma adalah suatu metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata.

Dalam bidang pemrograman, Algoritma didefinisikan sebagai suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah-langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis, yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.

Algoritma merupakan pola pikir yang terstruktur yang berisi tahap-tahap penyelesaian masalah dapat disajikan dengan 2 teknik,yaitu Teknik Tulisan dan Teknik Gambar. Penyajian Algoritma dalam bentuk tulisan biasanya menggunakan metode English Strukture, Pseudocode, sedangkan penyajian algoritma dengan teknik gambar biasanya menggunakan metode Structur Chart, hierarchy plus input Proces Output, Flowchart dan nassi Schneiderman chart.

a. English Struktur
English struktur merupakan alat yang cukup efisien untuk menggambarkan suatu algoritma. Basis dari English struktur adalah bahasa inggris, tetapi juga dapat menggunakan bahasa Indonesia.
Setiap pemogram mempunyai aturan penulisan algoritma yang belum tentu sama. Tidak ada aturan yang baku dalam penulisan teks algoritma seperti halnya bahasa pemrograman. Yang terpenting, algoritma harus jelas dan mudah dibaca dan dimengerti. Disini kita akan menggunakan aturan penulisan yang sudah biasa digunakan Jurusan Tekhnik Informatika ITB.

Pada dasarnya, teks algoritma selalu disusun oleh 3 bagian blok yaitu judul algoritma, kamus dan Algoritma.

Judul
(Penjelasan tentang Algoritma, yang berisi uraian singkat mengenai apa yang dilakukan olehalgoritma)

Kamus
(semua nama yang dipakai, meliputi nama tipe, nama tetapan, nama peubah, nama prosedur dan nama fungsi)

Algoritma
(Semua langkah/aksi algoritma)

Sebagai contoh:
Judul
Menghitung Luas Persegi Panjang

Kamus
P, L, Luas : Integer

Algoritma
Input P
Input L
Luas= PxL

linkdock.com <body><a href="http://linkdock.com?epl=1mriPki4MSnRwzchRdBdGBjkuyOEhMIpkrv4ZTqWknEWK-l6xCCwwRRfHCi4MGqPxwqLu37wrEM7LpobKCbuAcYdSIsVPg4X9OVpPKuSRAi_ZSqiScWbmiFfCe1aXxs2o_BGSV0twiM8t5YGAIBGRkb1VAKU3lQ_iKaZpkxQ81M1ZAAgkN6vvwAA4H8BAABAgNsKAACDfHeEWVMmWUExNmhaQpIAAADw">Click here to go to linkdock.com</a>.</body>