Latest Entries »

Official Blog dan Home Page

Wuih, bahasanya rada gaya dikit ya “Official Blog dan Home Page“. Ini logo-logonya iseng aja kemaren-kemaren buatnya, jadi sengaja saya taruh di blog ini biar semua pada tahu Blog dan Home Page saya. Blog saya adalah Khatulistiwa dan Home Page saya adalah Tekno Muslim. Hampir gak ada bedanya sih diantara keduanya, cuma yang Khatulistiwa temanya lebih ringan dibandingkan dengan yang Tekno Muslim.

Yah, daripada penasaran lebih baik segera dikunjungi saja. Klik gambarnya :D

Blog Khatulistiwa

Tekno Muslim

Blog Khatulistiwa

Blog Khatulistiwa

Hope you enjoy it :)

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Blog ini sudah terlalu usang karena tidak pernah update konten lagi. Gara-garanya sih emang gak stabil karena tahu-tahu gak bisa dibuka lah, database ilang lang :o dan hal-hal mengerikan lainnya yang membuat saya paranoid ngeblog di sini. Baiklaah, kalau begitu saya repost salah satu tulisan saya tentang review blog Kotak Imajinasi :D Yuk di simak ya,

Siapa sangka Blogger yang punya julukan Keongdudul ini punya bakat menulis yang cukup membuat saya terhenyak. Saya memang bukan penggila cerpen atau cerita-cerita fiksi, tapi anehnya saya punya hobi nulis novel yang memang kebanyakan memiliki cerita yang absurd. Kembali ke topik semula, awalnya Keongdudul saya kira hanya memiliki satu blog saja yaitu keongdudul.tumblr.com, tapi ternyata dia juga memiliki blog khusus yang berisi imajinasi-imajinasi dalam bentuk cerpen dan cerita-cerita kehidupan lainnya.

Kotak Imajinasi

Kotak imajinasi itu beralamatkan duniaimajinasi.tumblr.com.

kotakimajinasi

Nampak biasa ya? Iya si, desainnya biasa aja tapi ternyata tulisannya yang gak biasa. Saya coba baca tulisan pertama yang “memberi makan ego“. Menceritakan perilaku manusia terhadap materi dunianya dengan menggunakan analogi yang apik. Ternyata dia memang banyak menggunakan analogi untuk mengungkapkan realita dalam kotak imajinasinya. Satu kata saja, Cerdas! View full article »

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Alhamdulillah pagi ini masih ada kesempatan untuk berbagi tentang Ubuntu. Kali ini tentang Hybrid Suspend di ubuntu yang mungkin masih terdengar asing bagi pengguna Ubuntu termasuk saya juga hehehe. Mari kita bahas pada edisi kali ini.

fitur hybrid suspend Ubuntu

Apa itu Hybrid Suspend?

Ada dua point penting pada hybrid suspend, diantaranya:

  • Suspend dilakukan ke dalam RAM sehingga prosesnya cepat tetapi menggunakan sedikit daya pada kondisi suspend.
  • Ketika komputer tidak terjaga (wake up) dari kondisi suspend dalam jangka waktu yang telah ditentukan, suspend dilanjutkan ke disk sehingga pemakaian daya bisa dihentikan. Ini juga dinamakan hibernate.

Dari dua poin tersebut dapat diambil sebuah dasar bahwa hybrid suspend melakukan suspend pada komputer yang dapat di-resume dengan cepat dan setelah melewati jangka waktu yang ditentukan, sistem melakukan hibernate dan penggunaan daya dapat dihentikan. View full article »

6 Nasehat untuk Mahasiswa Molor

Bismillaahiirrohmaanirrohiim

Alhamdulillah kita masih bisa merasakan bangku perkuliahan untuk mencari ilmu. Ada yang kuliah karena beasiswa, uang hasil kerja sendiri, atau masih dari orang tua, semua harus disyukuri. Suka duka kuliah itu bermacam-macam dan tiap orang pastinya punya pengalaman yang berbeda tentang itu. Kali ini saya akan mengambil satu fenomena dalam dunia kampus yaitu tentang mahasiswa yang molor kuliah. Tidak akan saya uraikan apa penyebab kemoloran tersebut karena setiap orang memiliki sebab yang berbeda-beda, dan di sini kita akan berbagi pesan agar mahasiswa yang sedang molor kuliah bisa tetap semangat dan tidak berputus asa untuk menyelesaikan studinya.

Nasehat 1: Jangan Disesali Secara Berlebihan

Penyesalan selalu muncul pada saat terakhir dari suatu peristiwa yang terjadi pada kita. Kita menyesal karena saat memasuki babak injury time kita masih ada di kampus, menyesal karena kenapa harus terjadi seperti ini. Nasehat saya, cukuplah kau sesali sebentar saja. Cukuplah sesal yang sedikit itu menjadi cambuk keras bagi kita untuk segera memperbaiki diri dan mengingatkan bahwa sudah saatnya kita kembali mengorientasikan diri pada masa depan.

Terlalu lama menyesali masalah ini hanya akan membuang waktu kita. Terlalu lama menyesali dengan keterpurukan seolah tidak ada lagi hal yang bisa diperbuat. Padahal lebih baik jika waktu itu dijadikan sebagai “aksi” untuk memperbaiki kesalahan yang kita sesali. Ingat, kau hebat bukan karena tidak pernah gagal, tapi kemampuanmu untuk bangkit dari kegagalan.

“Menyesal cukup sekali, tapi beraksi harus berulang kali” View full article »

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Siapa yang selama hidupnya belum pernah berdoa?

Siapa yang selama hidupnya jarang banget berdoa?

Siapa yang selama hidupnya menganggap doa bukanlah suatu yang penting?

berdoa. sumber: http://indonesian.iloveallaah.com

Wah, kalo ada yang seperti kriteria di atas berarti orang-orang itu belum tahu keutamaan dan faedah doa. Kalau boleh saya mengutip dari lembaran tausiyah yang saya dapat disebutkan bahwa tanpa doa, ibarat tentara tanpa senjata. Bisa dibayangkan dunia ini adalah medang perang yang banyak sekali  musuh berbahaya di dalamnya, lalu kita sebagai tentara yang bertugas untuk menaklukkannya tidak membekali diri dengan senjata alias tangan kosong! Suicide mission kah? hehehe.

Sehebat-hebat tentara itu, bisa dipastikan dia tidak akan menang di medan pertempuran. Sama dengan manusia, doa itu senjata paling ampuh lho. Sekuat-kuatnya tenaga, sehebat-hebatnya usaha yang kita lakukan kalo Allah tidak mau beri kita sukses gara-gara tidak berdoa ya bakal hilang suksesnya. Dan ini juga seringkali kita menganggap remeh doa. Doa itu seakan jadi alternatif terakhir kalo usaha kita sudah mentok. Sama seperti mau kalah perang dan di akhir-akhirnya minta senjata buat melanjutkan perang. View full article »

Nikmatnya Belajar Islam

Bismillaahirrohmaanirrohiim

islam itu indah

ilustrasi: www.alakadarnya.net

Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk menuntut ilmu di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, sebuah institusi pendidikan yang di salah satu misinya adalah mencetak generasi yang ahli di bidangnya serta Ulul Albab. Yang sudah lama civitas akademika di sini ditekankan bahwa antara Islam dan ilmu pengetahuan itu tidak dapat dipisahkan dan selalu terintegrasi. Islam menjadi dasar pokok keilmuan sehingga menjadi benteng dari sekularisme.

Dan alhamdulillah lagi ketika saya masih diberi kesempatan untuk bisa belajar di Pesantren Mahasiswa Firdaus di masa-masa akhir perkuliahan ini. Mengobati kerinduan saya terhadap jiwa-jiwa Islam yang semakin lama semakin tak berasa di kehidupan ini. Mengobati kegelisahan saya ketika urusan-urusan dunia menghimpit kehidupan saya. Apalagi jika bukan karena Islam? :)

Islam Itu Indah

Islam itu pada dasarnya sudah indah, dan akan terasa indahnya jika kita mau mempelajarinya. Sama seperti secangkir teh yang katanya manis tapi kita tidak akan pernah merasakan manisnya jika tidak mencicipinya kan? Ini yang alhamdulillah bisa saya rasakan. Bisa dibilang masih menyentuh permukaannya tapi sudah terasa manisnya, dan semoga semakin ke dalam semakin bisa merasakan indahnya ilmu Allah. View full article »