Berbakti Kepada Orang Tua

Berbuat baik kepada orang tua merupakan ajaran yang menjadi ketetapan Kitabullah Al-Qur’an dan Al-Hadits. Allah SWT berfirman: “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya”. (Al-Isra’: 23)

Secara naluri orang tua dengan suka rela mau mengorbankan segala sesuatu untuk memelihara dan membesarkan anak-anaknya dan anak mendapatkan kenikmatan serta perlindungan sempurna dari kedua orang tuanya. berbuat baik kepada kedua orang tua menjadi keputusan mutlak dari Allah dan ibadah yang menempati urutan kedua setelah beribadah kepada Allah: “Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliha-raanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka”. (Al-Isra’: 23). Ini tingkatan yang lebih tinggi lagi yaitu keharusan bagi anak untuk selalu mengucapkan perkataan yang baik kepada kedua orang tua dan memperlihatkan sikap hormat serta menghargai. Jika seandainya kita merasa tersakiti dalam berbakti kepada seorang ibu, maka janganlah kita menghentikan bakti kita karena sesungguhnya sebesar apapun pengabdian kita kepada seorang ibu, hal itu belum bisa menebus semua jasa yang telah beliau berikan kepada kita. Sekalipun kita memotong daging atau anggota tubuh kita sebagai bentuk bakti kita kepada seorang ibu, maka itu belum cukup untuk menebus seperempat jasa-jasa dan kasih saying seorang ibu. Oleh karenanya jika kita tersakiti ketika berbakti kepada orang tua kita maka anggaplah hal itu sebagai ujian buat kita untuk terus berbakti dan menyayangi kedua orang tua kita.

Sungguh betapa besar kewajiban kita untuk berbakti kepada orang tua, terutama untuk seorang ibu yang telah melahirkan kita. Sampai ada istilah, “Surga ada di telapak kaki ibu”. Oleh karena itu, jika kita ingin masuk surga, maka sebagai seorang muslim berbaktilah pada kedua orang tua kita. Karena salah satu syarat utama meraih surge adalah berbakti kepada orang tua. Mudah-mudahan kita diberi jalan yang mudah dalam berbakti dan terus menyayangi kedua orang tua kita……

Leave a Reply