PROPOSAL KEGIATAN RAMADAHAN

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN RAMADHAN

MAHASISWA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM

1433H/2012 M

 

  1. Latar Belakang

Ramadhan adalah bulan yang mulia, penuh rahmat, maghfirah, dan limpahan pahala dari Allah SWT. Kedatangannya selalu dinanti dan dirindu oleh setiap mukmin yang haus akan limpahan kasih sayang Allah SWT.Dimana di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an dan Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Segala amal kebaikan akan dilipat gandakan nilai ganjarannya.

Rasa gembira akan kehadiran bulan Ramadhan adalah bentuk keimanan seorang muslim. Dan dari rasa gembira itu membuat Allah SWT mengharamkan api neraka untuk menyentuh jasadnya. Namun meski demikian, kita harus mempersiapkan segala sesuatu untuk mengisi bulan Ramadhan tersebut. Supaya kita bisa menjalankan amal-amal sholeh dengan baik dan Ramadhan tidak berlalu sia-sia dari kehidupan kita, tanpa meninggalkan kemuliaan sedikitpun.

Menyiapkan hati dan jiwa menjelang bulan Ramadhan dengan cara bertobat kepada Allah SWT, yaitu menyesali segala kelalaian dan kesalahan yang kita lakukan, memperbaiki hubungan dengan orang-orang di sekitar kita seperti orang tua, saudara, tetangga, teman, dan orang-orang yang kita kenal, serta menebarkan kebaikan dan kebahagiaan di hati setiap manusia adalah upaya agar Ramadhan kita berjalan penuh makna. Selain itu kita mesti membuat perencanaan yang cerdas untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang tersusun rapi yang membuat

Diskusi ilmiah, sholat berjama’ah, buka bersama, qiyamul lail, tadarrus Al Quran, pengajian umum dan ibadah buka dan sahur bersama adalah beberapa agenda yang dapat kita susun untuk mengisi bulan Ramadhan nanti, yang dapat kita lakukan sendiri maupun secara berkelompok.

Untuk itu, kesempatan berjumpa dengan bulan Ramadhan jangan sampai berlalu begitu saja. Karena bulan ini sangat istimewa, dimana setiap amal manusia untuk dirinya kecuali puasa, sebagaimana hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut :

“Setiap amal Manusia untuk dirinya kecuali puasa. Sungguh puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang membalasnya.” [HR. Bukhari-Muslim]

 

  1. II.        Nama Kegiatan

“Pekan Ramadhan bil Hikmah wal Ishlah.”

 

  1. III.      Tema Kegiatan

Dengan semangat Ramadhan kita wujudkan generasi berprestasi dan berpotensi menuju ridho Ilahi”.

 

  1. IV.     Dasar Kegiatan
    1. Hadits dari Ubadah bin Shamith r.a. bahwa Rasulullah SAW. Telah bersabda yang artinya, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan bulan keberkahan, Allah SWT mengunjungi kalian pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa, dan mengabulkan doa. Allah SWT melihat berlomba-lombanya kalian pada bulan ini dan membanggakan kalian kepada malaikat-Nya, maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari dirimu karena yang sengsara ialah yang tidak mendapat rahmat Allah pada bulan ini.” (HR. Ath-Thabrani)

 

  1. Dari Ubadah bin AshShamit, bahwa Rasulullah bersabda:
    “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkahan, AIlah mengunjungimu pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa dan mengabulkan do’a. Allah melihat berlomba-lombanya kamu pada bulan ini dan membanggakanmu kepada para malaikat-Nya, maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari dirimu. Karena orang yang sengsara ialah yang tidak mendapatkan rahmat Allah di bulan ini. ” (HR.Ath-Thabrani, dan para periwayatnya terpercaya).

 

  1. V.       Tujuan Kegiatan
    1. Menyemarakkan bulan Ramadhan dengan memperbanyak amal sholeh.
    2. Media pengembangan wawasan Islami dan da’wah Islami.
    3. Memberikan pengetahuan teoritis dan praktis tentang keislaman sebagai bekal kehidupan bermuamalah agar tetap bernaung dalam ridlo Allah SWT, baik pada saat sekarang maupun yang akan datang.
    4. Sebagai media untuk meningkatkan diri khususnya dalam kajian keislaman.

 

  1. VI.     Waktu dan tempat Pelaksanaan

Kegiatan “Pekan Ramadhan bil Hikmah wal Ishlah” ini akan dilaksanakan       pada:

Hari             : Senin s.d. Rabu

Tanggal       : 30 Juli s.d. 1 Agustus 2012

Waktu         : Menyesuaikan

Tempat       : SMK Negeri 3 Malang

 

  1. VII.   Materi

Ruang lingkup materi pesantren ramadhan 1433H adalah Akhlakul karimah, Tahsin Al Quran, Ubudiyah, Praktek Ibadah termasuk tadarrus Al Quran.

VIII. Struktur Kepanitiaan

Susunan Panitia Kegiatan Pesantren Ramadhan 1433 H / 2012 M

 

Ketua                           :     Moh. Arifudin

Sekretaris                    :     Imam Athoir Rokhman

Bendahara                   :     Nidayatur Rohmah

 

Sie. Keagamaan           :     Imam Qori’

Syahirotun Nisa’

Sie. KBM                      :     Nanang Ma’asshobirin

Ika Setia Rini

Afifah Mubayyinatul

 

Sie. Humas                   :     Dewi Mufti Nabila

 

Sie. Perlengkapan        :     Hilmi abdan Kamal

 

Sie. Dekdok                  :     M. Abdullah Mukhroji

 

Sie. Acara                    :     Ajib Nur Taufiq

Intan Nur Ilya

Konsumsi                     :     Diah Dina Aminata

Tsurayya Fatin

 

 

 

  1. IX.      Timing Kegiatan
    1. Jadwal kegiatan Belajar Mengajar (Terlampir)
    2. Jadwal Perlombaan

NO

NAMA PERLOMBAAN

WAKTU

TEMPAT

KET.

1

TARTIL AL QURAN

06.30-10.00

MUSHOLA

1 SISWA UNTUK SETIAP KELAS

2

MUMTAZ JIDDAN

06.30-10.00

AULA

3

ASMAUL HUSNA IN PUZZLE

06.30-10.00

LAPANGAN PARKIR

  1. X.        Dana

 

ACARA

No

Nama Barang

Banyak

Harga Satuan

Jumlah

1

Trofi

3

@ Rp. 80.000

Rp. 240.000

2

Banner

1

@ Rp. 200.000

Rp. 200.000

3

Hadiah

  Rp. 200.000

4

   

TOTAL

Rp. 640.000

 

 

 


 

  1. XI.      Penutup

Demikianlah rencana kegiatan ini kami sampaikan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita melalui serangkaian aktivitas yang sarat dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan Islam ini sebagai kerangka untuk menyi’arkan agama Allah.

Semoga rencana kegiatan ini dapat memperoleh sambutan hangat dan partisipasi dari berbagai pihak, sehingga dapat berlangsung dengan lancar dan mendatangkan banyak manfaat serta keberkahan bagi kita semua. Semoga amal sholeh kita mendapat ridlo dari Allah SWT.

 

Panitia Pelaksana Kegiatan,

 

Ketua                                                             Sekretaris

 

 

Moch. Arifudin                                           Imam Athoir Rokhman \

 

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by WordPress | Find Cheap Cell Phones at iFreeCellPhones.com. | Thanks to Palm Pre Blog, Video Game Music and Car Insurance