Buka CHATBox

BLOGNYA GOJI Blog tentang Goji yang Geje dan Ubuntunya yang Keren | 08650096

8Jul/119

[Ubuntu] Menginstall CompizConfig Settings Manager (CCSM) Untuk Tweaking Unity Desktop

Tenang.. Unity juga bisa di-tweak sesuai keperluan kok.. :D

Bagi teman-teman yang baru menggunakan Ubuntu 11.04 dan mendapati desktop Unity biasanya akan kesulitan dalam meng-customize tampilan Unity, tidak seperti DE (Desktop Environment) lainnya, semisal GNOME atau KDE, masih sedikit sekali pilihan kustomisasi tampilan yang dimiliki oleh Unity.

Sebagai contoh, cobalah klik kanan di panel atas desktop Unity teman-teman, tidak akan ada menu yang muncul sama sekali, nah, itu yang membuat kesan seolah-olah Unity susah dikustomisasi. (Yaa maklum lah, Unity memang masih baru dirilis tahun 2010 kemarin, masih muda dan sedikit pengalaman dibanding dengan DE yang lainnya :D)

Tapi jangan terburu-buru putus asa, ternyata ada banyak

8Jul/110

[Ubuntu] Wallpaper Keyboard Shortcut untuk Unity

Tidak bisa mengingat kombinasi shortcut keyboard untuk desktop Unity? Pasang dulu wallpaper ini untuk beberapa waktu.. :D

Desktop Unity yang digunakan Ubuntu ternyata memiliki banyak sekali tambahan shorcut-shortcut baru, terutama untuk manajemen window dan shortcut yang berkaitan dengan fitur baru unity semisal Dash atau Launcher.

Nah, ini ada beberapa wallpaper yang dibuat untuk mempermudah kita menghafalnya, karena shortcut-shortcut tersebut dituliskan di gambar, silahkan pasang wallpaper ini sebagai teman belajar :D

Ada dua jenis yang saya temukan,

15May/115

[Gnome-Terminal] Agar Command “sudo” Tidak Meminta Password

Peringatan! Mem-bypass password sudo bisa berbahaya! gunakan trik ini dengan hati-hati!

Kutipan dari "$ man sudo" :

sudo allows a permitted user to execute a command as the superuser or another user, as specified in the sudoers file.

Biasanya, saat menjalankan command ini, kita diminta memasukkan password untuk autentikasi, contoh umumnya adalah ketika kita menjalankan command apt-get update atau apt-get install misalnya, kita akan dimintai memasukkan password.

Pertanyaannya, bisakah kita mem-bypass atau melewati proses memasukkan password, namun command tetap berjalan dan hak akses superuser bisa didapat? Jawabannya, bisa.

10May/115

[Ubuntu] Tips Menggunakan Launcher di Natty

Unity Launcher membuat segalanya jadi lebih mudah... :D

Unity Launcher menyediakan akses cepat ke program yang di-pin, dan juga menambahkan fitur keren semacam keyboard shortcut. Sekali lagi, akses ke program akan lebih cepat.

Launcher juga berperan sebagai pengganti Window List di panel yang lama, sehingga pengaturan program yang ter-minimize dan yang sedang dibuka akan menjadi satu di sini.Berikut ini ada beberapa tips tentang Unity Launcher.

Drag dan Drop icon program dari Dash ke Launcher
Kita bisa drag n drop icon aplikasi dari dash ke launcher. Buka dash, temukan program yang dicari, lalu drag n drop iconnya ke Launcher. Icon tersebut akan selalu menempel di Launcher. Siap untuk diakses di lain waktu.

Klik kanan icon program yang berjalan untuk

8May/118

[Ubuntu] QtQR, Program Untuk Membuat dan Membaca QR Code Mudah

Lebih keren dari qrencode yang saya tulis beberapa waktu lalu...

Kalau program qrencode yang pernah kita bahas sebelumnya hanya berbasis CLI, maka QtQR ini menghadirkan GUI yang cukup simpel namun mudah pennggunaannya. Fiturnya lengkap, kita bisa membuat QR Code yang hanya berisi teks, url, email, sms dan nomor telepon dengan mudah. Setelah jadi, kita bisa menyimpannya dengan format PNG. Lebih kerennya lagi, QtQR bisa men-decode atau membaca QR Code dari file, bahkan dari webcam.

Menginstall QtQR
ketik tiga baris command ini di terminal

$ sudo apt-add-repository ppa:qr-tools-developers/qr-tools-stable
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install qtqr

Berikut ini adalah review program tersebut: