Teknologi Pembelajaran Pai (Kuliah Perdana)

Posted: 26th Februari 2012 by Muhammad Hamid Habibi in Kuliah

Sebagai seorang calon pengajar PAI, mahasiswa harus mempunyai pengetahuan, kreativitas serta inovasi terhadap media pembelajaran. diharapkan dengan media yang mumpuni tersebut siswa lebih bisa memahami pembelajaran PAI serta dapat menghapus pandangan bahwa mata pelajaran PAI selalu monoton. oleh karena itu, seorang guru harus memiliki dua modal utama, yaitu: critical thinking dan kreatif thinking.

critical thinking merupakan pikiran kritis, pikiran kritis ini sangat diperlukan karena dengan selalu berpikir kritis kita akan lebih respon terhadap situasi yang terjadi di masyarakat. selanjutnya kreatif thinking merupakan ide pikiran yang berbeda dari yang sudah ada. yang dimaksud berbeda ini tidak sembarang berbeda tapi berbeda yang positif.misal yang kreatif negatif adalah apabila semua orang Pipis di toilet dia ingin tampil berbeda /kreatif dengan pipis di depan kelas atau di tempat umum. adapun contoh yang kreatif yang benar yaitu, membuat media pembelajaran yang baru dan belum pernah di publikasikan oleh orang lain.

Oleh karena mata kuliah teknologi pembelajaran PAI sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. mata kuliah ini tidak hanya berupa ide-ide kreatif, akan tetapi harus diaplikasikan atau diwujudkan dalam bentuk nyata. adapun alat-alat yang dibutuhkan dalam teknologi pembelajaran antara lain:

a. Radio

b. Kamera

c. Komputer (power point, movie maker, flash, blog, dll)

mata kuliah ini sangat menarik, mahasiswa wajib membuat karya berupa Blog, kartu nama, poster dan media pembelajaran PAI baru untuk lulus mata kuliah ini. semangat,..!!!