Desember 7th, 2010 | Humam Syaharuddin

1. STRUKTUALISME

Tokoh aliran ini WILLHEM WUNDT, menyatakan bahwa untuk mempelajari gejala – gejala kejiwaan kita harus mempelajari isi dan struktur jiwa seseorang, objek utama dalam psikologi adalah kesadaran, pengalaman – pengalaman kesadaran di bagi atas 2 bagian yaitu penginderaan dan perasaan.

2. FUNGSIONALISME

Tokoh aliran ini WILLIAM JAMES (1842 – 1910), menyatakan bahwa aliran ini mempelajari fungsi ? tujuan akhir aktivitas, semua gejala psikis berpangkal pada pertanyaan dasar yaitu apakah gunanya aktivitas itu, dan jiwa seseorang diperlukan untuk melangsungkan kehidupan dan berfungsi untuk menyesuaikan diri.

3. PSIKOANALISIS

Tokoh aliran ini SIGMUD FREUD menyatakan peeilaku manusia baik yang nampak (gerakan otot) maupun tersembunyi (pikiran) adalah disebabkan oleh peristiwa mental sebelumnya. Psikoanalisis disebut sebagai depth psychology yang mencoba – coba mencari sebab – sebab perilaku manusia pada alam tidak sadarnya.

4. GESTALT

Aliran ini muncul pada tahun 1912 ddirikan oleh Max Wertheimer (1880 – 1943). Ia mulai tertarikpada satu aliran filsafat yang terrutama mempelajari tentang fenomena (gejala) yang dikenal dengan aliran fenomologi. Aliran ini menolak analisis dan penguraian jiwa ke dalam elemen-elemen yang lebih kecil karena dengan demikian, makna dari jiwa itu sendiri berubah sebab bentuk kesatuannya juga hilang. Menekankan pada fenomenologis dalam aktifitas mental namun tetap empiris. (pindah ke amerika tetapi sulit berkembang akibat aliran behaviorisme.

5. BEHAVIOURISME

Tokoh aliran ini PETROVIC PAVLOV. Aliran ini dikatakan sebagai ilmu jiwa namun tidak peduli padsa jiwa. Aliran ini memandang manusia sebagai mesin (homo mechanicus) yang dapat dikendalikan perilakunya melalui suatu pelazinman (conditioning).



Author:
Time:
Selasa, Desember 7th, 2010 at 16:50
Category:
Tak Berkategori
Comments:
You can leave a response, or trackback from your own site.
RSS:
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.
Navigation:

Leave a Reply

Canadian pharmacies online online pharmacies Canada NorthWestPharmacy.com review pharmacies online online drugs