PENGERTIAN PROFESI

Profesi

Istilah ini telah dimengerti banyak orang bahwa suatu hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian.

Orang yang hanya memiliki pendidikan belum cukup disebut profesi. Shingga diperlukan penguasaan teori sistematis yang mendasari praktik pelaksanaan, dan hubungan antara teori dan penerapan dalam praktiknya.

Sering dijumpai kesalah pahaman antara istilah profesi dan profesional, karena banyak orang yang profesional tidak atau belum tentu termasuk dalam pengertian profesi. Berikut pemahamannya menurut De George Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.

Profesional adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Atau seorang yang hidup dengan mempraktikkan suatu keahlian tertentu. Sementara orang lain melakukannya hanya sekedari hobi.

Ciri-ciri profesi:

1. Memiliki pengetahuan khusus

2.Adanya kaidah dan standar moral yang tinggi

3.Mengabdi kepada kepentingan orang banyak

4.Memiliki izin khusus untuk menjalankan suatu profesi

5.Dihuni oleh orang yang profesional

Kaum profesional adalah orang-orang yang memiliki tolak ukur perilaku yang berada di atas rata-rata.

Prinsip etika profesi:

Tangungjawab: terhadap pelaksanaan pekerjaan dan hasilnya, termasuk dampaknya bagi kehidupan orang lain

Keadilan: mengandung nilai kapan, dimana, siapa saja wajib diberikan pelayanan sesuai dengan haknya

Otonomi: kaum profesional memiliki dan diberikebebasan dalam menjalankan profesinya

Syarat suatu profesi:

1.Melibatkan intelektual

2.Mengeluti satu batang tubuh yang khusus

3.Persiapan profesional yang alami bukan sekedar latihan

4.Memerlukan latihan dalam jabatan yang berkesinambungan

5.Menjanjikan karier hidup dan keanggotaan yang permanen

6.Layanan umum di atas pribadi

7.Mempunyai organisasi profesi

8.Menentukan standarnya sendiri seperti kode etik

Peranan Etika Dalam Profesi

Dengan nilai-nilai yang ada berupa kode etika tersebut, suatu kelompok diharapkan akan mempunyai tata nilai untuk mengatur kehidupan bersama. Menjadi landasan berpijak bagi anggotanya, karena kalangan ini menjadi sorotan dalam pergaulan sosial. Terlebih jika ada oknum dalam keanggotaan yang menyimpang dari kode etik, yang sering kita dengar kata mafia peradilan.

Kode Etik Profesi

Kode yaitu tanda-tanda yang disepakati untuk maksud-maksud tertentu.

Kode etik yaitu norma atau azas yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkahlaku sehari-hari di masyarakat maupun ditempat kerja.

Menurut UU No. 8 (pokok-pokok kepegawaian)

Kode etik profesi adalah pedoman sikap, tingkahlaku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>