Struktur Data Dalam Bahasa Java

ABSTRAK

Berbicara tentang struktur data, maka kita tidak bias terlepas dari yang namanya bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang banyak dipelajari untuk pemrograman lanjut adalah bahasa Java. Dalam tulisan saya ini saya akan membahas tentang konstanta, variable, dan tipe data yang biasa digunakan pada bahasa JAVA.

BAHASAN

Dalam istilah ilmu komputer, sebuah struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.

Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

Dalam mempelajari struktur data hal-hal awal yang perlu kita ketahui adalah tentang konstanta, variable, dan tipe data. Nah dalam bahasan ini saya akan membahas tentang ketiga hal di atas.

Konstanta

Dalam membuat suatu program, kita perlu menggunakan konstanta agar program kita bisa lebih mudah diperbaiki jika ada suatu kesalahan yang kita buat. Dengan menggunakan konstanta kita bisa memberikan nama yang mudah dimengerti dan dipahami untuk bilangan numerik yang sangat kompleks.

Variabel

Variabel adalah lokasi di memori yang kita siapkan dan kita beri nama khas untuk menampung suatu nilai dan atau mengambil nilai kembali tersebut. Bentuk umum dari variable adalah:

Contoh dari variable adalah:

Tipe Data

Dalam tulisan ini yang akan dibahas adalah tipe data sederhana.

Tipe Data Sederhana

Java sudah memiliki dan memnyediakan beberapa tipe data sederhana yang sudah siap kita pakai. Tipe-tipe data yang sudah disediakan Java adalah:

* Integer

* Boolean

* Real

* Karakter

* String

Baiklah mari kita bahas satu per satu tipe data ini.

Integer

Integer adalah tipe data nilainya merupakan bilangan bulat dan teerbagi atas beberapa macam. Berikut ini adalaha tabelnya:

Type Range Ukuran Format
ShortIn IntegerLongInt

Byte

Word

-128…127 -32768..32767-2147483648..2147483647

0..255

0..65535

1 24

1

2

Signed 8-bit Signed 16-bitSigned 32-bit

Unsigned 8-bit

Unsigned 16-bit

Boolean

Boolean digunakan untuk merepresentasikan logika. Bolean hanya dapat bernilai True(1) dan False(0). Di bawah ini adalah beberapa tipe data Boolean:

Type Range Ukuran
Boolean ByteBoolWordBool

LongBool

Byte-sized Byte-sizedWord-sized

Long-sized

1 (8bit) 1 (8bit)2 (16bit)

4 (32bit)

Real

Real biasanya digunakan untuk merepresentasikan nilai pecahan. Jenis-jenis tipe data real seperti pada tabel berikut ini:

Type Range Ukuran Digit
Real SingleDouble

Extended

Comp

±2.9×10-39..1.7×1038 ±1.5×10-45..3.4×1038±5×10-324..1.7×10308

±3.4×10-4932..1.1×104932

±9.2×1018..9.2×1018

6 48

10

8

11-12 7-815-16

19-20

19-20

Karakter

Tipe data karakter hanya dapat menampung satu karakter saja dan mengalokasikan satu byte memori. Bentuk umum dari tipe data karakter adalah:

Demikian sedikit penjelasan saya tentang dasar-dasar struktur data dengan menggunakan Pascal. Semoga bermanfaat untuk memandu anda dalam mempelajari struktur data dan pemrograman.

Referensi:

Sanjaya, Dwi: Bertulang Dengan Struktur Data di Planet Pascal: 2005: Graha Ilmu.

Kumalasari, Erni: Modul Struktur Data

http://shoffin.wordpress.com/2010/08/24/struktur-data-dalam-bahasa-java/#more-5

Category: Struktur Data
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>