Manfaat Mengetahui Pembagian Makkiyah Dan Madaniyah

Pengetahuan tentang Makkiyah dan Madaniyah adalah bagian dari ilmu-ilmu Al-Qur’an yang sangat penting. Hal itu karena pada pengetahuan tersebut memiliki beberapa manfaat, di antaranya.

Nampak jelas sastra Al-Qur’an pada puncak keindahannya, yaitu ketika setiap kaum diajak berdialog yang sesuai dengan keadaan obyek yang didakwahi . dari ketegasan, kelugasan, kelunakan dan kemudahan.

  1. Nampak jelas puncak tertinggi dari hikmah pensyariatan diturunkannya secara berangsur-angsur sesuai dengan prioritas terpenting kondisi obyek yang di dakwahi serta kesiapan mereka dalam menerima dan taat.
  2. Pendidikan dan pengajaran bagi para muballigh serta pengarahan mereka untuk mengikuti kandungan dan konteks Al-Qur’an dalam berdakwah, yaitu dengan mendahulukan yang terpenting di antara yang penting serta menggunakan ketegasan dan kelunakan pada tempatnya masing-masing.
  3. Membedakan antara nasikh dan mansukh ketika terdapat dua buah ayat Makkiyah dan Madaniyah, maka lengkaplah syarat-syarat nasakh karena ayat Madaniyah adalah sebagai nasikh (penghapus) ayat Makkiyah disebabkan ayat Madaniyah turun setelah ayat Makkiyah.
  4. Dapat mengetahui sejarah hukum islam dan perkembangannya yang bijaksana secara umum. Dan dengan demikian kita dapat meningkatkan kenyakinan kita terhadap ketinggian kebijaksanaan islam didalam mendidik manusia, baik secara perorangan maupun secara masyarakat.
  5. Dapat mengetahui fase-fase dari da’wah islamiyah yang ditempuh oleh Al-Qur’an secara berangsur-angsur dan yang bijaksana itu. Dan dapat pula mengetahui kondisi masyarakat pada waktu turunnya ayat-ayat Al-Qur’an, khususnya masyarakat Mekah dan Madinah.
  6. Dapat mengetahui gaya bahasa yang berbeda-beda, karena ditujukan kepada golongan-golongan yang berbeda, yakni orang mu’min, orang-orang musyrik dan orang-orang ahli kitab. Demikian juga orang-orang munafik.
Category: Study Qur'an
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>