BENTUK- BENTUK LAPORAN AKUNTANSI-Banyak Bentuk Laporan Akuntansi yang kita bisa pelajari dan tentu saja akan sangat besar manfaatnya bagi kita semua yang masih ingin  belajar akuntansi dari awal berikut selengkapnya:

Neraca adalah laporan yang sistimatis tentang aktiva, hutang serta modal dari suatu perusahaan pada suatu saat tertentu. Jadi tujuan neraca adalahuntuk menunjukkan posisi keuangan suatu perusahaan pada suatu tanggaltertentu, biasanya pada waktu dimana buku-buku ditutup dan ditentukan sisanya pada suatu akhir tahun fiscal atau tahun kalender, sehingga neracasering juga disebut Balance Sheet.Dengan demikian neraca terdiri dari tiga bagian utama yaitu aktiva, hutang,dan modal.

•Aktiva Dalam pengertian aktiva tidak terbatas pada kekayaan perusahaan yangberwujud saja, tetapi juga termasuk pengeluaran-pengeluaran yangbelum dialokasikan (deffered charges) atau biaya yang masih harusdialokasikan pada penghasilan yang akan datang, serta aktiva yang tidak berwujud lainnya (intangible assets) misalnya goodwill, hak paten, hak menerbitkan dan sebagainya.Pada dasarnya aktiva dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian yaituaktiva lancar dan aktiva tidak lancar.

Aktiva lancar adalah uang kas dan aktiva lainnya yang dapatdiharapkan untuk dicairkan atau ditukarkan menjadi uang tunai, dijualatau dikonsumer dalam periode berikutnya (paling lama satu tahun ataudalam perputaran kegiatan perusahaan yang normal).Yang termasuk dalam kelompok aktiva lancar adalah :

Kas, atau uang tunai yang dapat digunakan untuk membiayaioperasi perusahaan. Uang tunai yang dimiliki oleh perusahaantetapi sudah ditentukan penggunaannya (misalnya uang kas yangdisisihkan untuk tujuan pelunasan hutang obligasi, untuk pembelianaktiva tetap atau tujuan-tujuan lain) tidak dapat dimasukkan dalampos kas.

Investasi jangka pendek (surat-surat berharga atau marketablesecurities); adalah investasi yang sifatnya sementara (jangkapendek) dengan maksud untuk memanfaatkan uang kas yang untuk sementara belum dibutuhkan dalam operasi.

Piutang wesel, adalah tagihan perusahaan kepada pihak lain yangdinyatakan dalam suatu wesel atau perjanjian yang diatur dalamundang-undang.

Piutang dagang adalah tagihan kepada pihak lain (kepada kreditur atau langganan) sebagai akibat adanya penjualan barang dagangansecara kredit.

Persediaan adalah semua barang-barang yang diperdagangkan yang sampai tanggal neraca masih digudang/ belum laku dijual.

Piutang penghasilan atau penghasilan yang masih harus diterimaadalah penghasilan yang sudah menjadi hak perusahaan karenaperusahaan telah memberikan jasa/prestasinya, tetapi belumditerima pembayarannya, sehingga merupakan tagihan.

Persekot atau biaya yang dibayar dimuka adalah pengeluaran untuk memperoleh jasa /prestasi dari pihak lain, tetapi pengeluaran itubelum menjadi biaya atau jasa/prestasi pihak lain itu belumdinikmati oleh perusahaan pada periode ini melainkan pada periodeberikutnya.

Aktiva tidak lancar

adalah aktiva yang mempunyai umur kegunaanrelatif permanen atau jangka panjang (mempunyai umur ekonomis lebihdari satu tahun atau tidak akan habis dalam satu kali perputaran operasiperusahaan).Yang termasuk aktiva tidak lancar adalah :

Investasi jangka panjang.

Aktiva tetap, adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan yangfisiknya Nampak (konkrit).Aktiva tetap tidak berwujud adalah kekayaan perusahaan yangsecara fisik tidak Nampak, tetapi merupakan suatu hak yang mempunyai nilai dan dimiliki oleh perusahaan untuk digunakandalam kegiatan perusahaan.

Beban yang ditangguhkan adalah menunjukkan adanya pengeluaranatau biaya yang mempunyai manfaat jangka panjang (lebih dari satutahun) atau suatu pengeluaran yang akan dibebankan juga padaperide-periode berikutnya.

Aktiva lain-lain adalah menunjukkan kekayaan atau aktivaperusahaan yang tidak dapat atau belum dapat dimasukkan dalamklasifikasi-klasifikasi sebelumnya.

•HutangHutang adalah semua kewajiban keuangan perusahaan kepada pihak lainyang belum terpenuhi, dimana hutang ini merupakan sumber danaatau modal perusahaan yang berasal dari kreditor.Hutang dapat dibedakan atas :

Hutang lancar (hutang jangka pendek)Adalah kewajiban keuangan perusahaan yang pelunasannya ataupembayaran akan dilakukan dalam jangka pendek (satu tahun sejak tanggal neraca) dengan menggunakan aktiva lancar yang dimilikioleh perusahaan. Hutang lancar meliputi : hutang dagang, hutang,wesel, hutang pajak, biaya yang masih harus dibayar, hutang jangka panjang yang segera jatuh tempo, serta penghasilan yang diterima dimuka agar kita mengetahui prinsip dasar akuntansi keuangan