Perintah Dasar SQL

  • MEMASUKKAN DATA

Sebuah data dapat dimasukkan ke dalam tabel menggunakan perintah INSERT. Namun hal yang perlu diperhatikan yaitu struktur tabel yang akan digunakan untuk memasukkan data. Sebagai contoh memasukkan data ke dalam tabel dengan nama mahasiswi :

INSERT INTO [nama tabel] VALUES (10650080,’Rizky’,’Lumajang’,’085746539190’);

  • Menampilkan data

Dalam database, perintah SQL untuk menampilkan data sebuah tabel bisa menggunakan SELECT. Berikut struktur SQL untuk penampilan data :

SELECT [NAMA KOLOM] FROM [NAMA TABEL];

Jika ingin menampilkan keseluruhan kolom suatu tabel bisa menggunakan tanda asterisk (*) untuk mengganti nama kolom.

Kemudian, bila ingin menampilkan berdasarkan baris bisa menggunakan perintah WHERE yang diletakkan dibelakan nama tabel dan isikan nama kolom beserta kata kunci sebagai dasar dari pencarian baris. Untuk lebih jelasnya berikut struktur perintah SQL nya : SELECT [NAMA KOLOM] FROM [NAMA TABEL] WHERE [NAMA KOLOM] = [KATA KUNCI];

Apabila ingin menampilkan data dari lebih dari satu tabel struktur SQL nya terdapat sedikit perbedaan. Misalnya memakai tabel yang telah dibuat pada praktikum ke-2 yaitu mahasiswa dan fakultas. Berikut Struktur SQL nya :

SELECT MAHASISWA.MAH_NIM, MAHASISWA.MAH_NAMA, FAKULTAS.FAK_ID, FAKULTAS.FAK_NAMA FROM MAHASISWA, FAKULTAS WHERE MAHASISWA.FAK_ID=FAKULTAS.FAK_ID;

Perintah SQL diatas akan menampilkan nim mahasiswa, nama mahasiswa, nomor fakultas, dan nama fakultas. Pada perintah setelah WHERE terdapat 2 nama kolom FAK_ID, hal tersebut dimaksudkan penyamaan antara primary key milik dari tabel fakultas dengan foreign key milik dari tabel mahasiswa.

  • Menghapus Data

Pada database PostgreSQL, DELETE digunakan untuk menghapus data pada sebuah tabel. Berikut Struktur yang digunakan :

DELETE FROM [NAMA TABEL] ;

Arti dari struktur diatas yaitu menghapus semua baris data dari nama tabel yang tertulis. Namun bisa juga digunakan penghapusan berdasarkan spesifikasi baris atau baris tertentu saja. Berikut Strukturnya :

DELETE FROM [NAMA TABEL] WHERE [NAMA KOLOM] = [KATA KUNCI];

  • Modifikasi Data

Dalam memodifikasi database bisa menggunakan perintah UPDATE. Berikut contoh struktur SQL untuk memodifikasi data pada kolom tertentu berdasarkan baris tertentu :

UPDATE [NAMA TABEL] SET [NAMA KOLOM] = [ISI DATA] WHERE [NAMA KOLOM] = [KATA KUNCI];

  • Pengurutan Data

Maksud dari pengurutan data dengan perintah ORDER BY adalah jika data sebuah tabel diurutkan dengan perintah tersebut, maka data tadi akan diurutkan dari atas ke bawah berdasarkan abjad. Hal ini juga berlaku jika data yang ada dalam bentuk angka. Berikut struktur perintah SQL :

SELECT * FROM [NAMA TABEL] ORDER BY [NAMA KOLOM];

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by WordPress | Find Cheap Cell Phones at iFreeCellPhones.com. | Thanks to Palm Pre Blog, Video Game Music and Car Insurance