Mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu bidang studi yang diujikan pada ujian nasional tingkat SMP/MTs pada hari Selasa, tanggal 23 April 2013 atau hari kedua UN SMP lusa pagi. Latihan Soal Bahasa Inggris UN SMP 2013 harus mengacu kepada materi kisi-kisi seperti :

  1. Kompetensi

  2. READING (Membaca)
    Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

    Indikator

    1. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation, schedule.
    2. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
    3. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
    4. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
    5. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
    6. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
  3. Kompetensi

  4. WRITING (Menulis)
    Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

    Indikator

    1. Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
    2. Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
    3. Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
    4. Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.

Berikut contoh-contoh soalnya :

Dear Doctor,

I’m fourteen years old girl. I’m writing this letter to get some advice from you. I’ve a problem with my health. I have a migraine, usually it doesn’t bother me, as I take an aspirin and the pain is gone. But soon I will have a final exams at school. I’m afraid that it will come and I can’t focus on myself to prepare for the exams, so could you tell me what should I do?

Text 2 for number 1 – 2

1. What sickness did Aryati suffer at the time?
a. Pain
b. Cough
c. Headache
d. Toothache

2. What is the letter about?
a. Asking for advice
b. Taking medicine
c. Preparing exams
d. Having the problem

Untuk memperoleh data latihan soal Bahasa Inggris UN SMP/MTs sederajat juga Paket B/Wustha anda bisa mengaksesnya melalui laman unsmp.com disini.

Semoga ujian nasional SMP/MTs sederajat juga UN Paket B/Wustha lebih lancar dibandingkan UN SMA/MA/SMK sederajat dan Paket C, Amin!