Pengumuman Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maju sehari dari jadwal semula 28 Mei 2013 menjadi hari ini 27 Mei 2013 sekira pukul 18.00 WIB.

Kemungkinan majunya pengumuman SNMPTN ini sudah pernah disampaikan Ketua Panitia Lokal (Panlok) SNMPTN Malang, Prof Dr Hendyat Sutopo, Minggu (26/5/2013).

Menurut Sutopo pengumuman SNMPTN bisa terjadi Senin (27/5/2013) hari ini. Hal itu setelah Panitia Pusat SNMPTN telah memverivikasi seluruh data siswa setelah hasil ujian nasional (unas) diumumkan tepat waktu pada Jumat (24/5/2013) lalu.

“Kabar yang saya dapat, ada kemungkinan pengumuman dimajukan sehari oleh panitia pusat, hanya saja memang belum pasti. Tapi pengumuman yang pasti, tetap tanggal 28,” kata Hendyat, Minggu (26/5/2013).

Pembantu Rektor I Universitas NEgeri Malang (UM) ini menghimbau siswa untuk memantau laman SNMPTN.AC.Id untuk memastikan apakah pengumuman dimajukan atau tidak.

“Siswa menggunakan kode PIN yang sama saat mendaftar untuk login laman itu,” sambungnya.

Hendyat membeberkan, tiga kampus negeri di Malang (UM, UB, dan UIN Maliki) akan menempelkan pengumuman daftar siswa yang lolos SNMPTN di masing-masing kampus.

“Dari panitia pusat aka kirimkan data siswa-siswa yang lolos, dan langsung kami tempelkan nama-nama mereka juga di UM, UB, dan UIN Maliki,” urainya.

Berikut kami sampaikan 2 situs yang memberikan informasi pengumuman snmptn diantaranya :

  1. snmptn.ac.id | Untuk mengakses hasil Snmptn mulai Pukul 18.00 WIB hari ini 27 Mei 2013disini
  2. pengumumansnmptn.com | Untuk mengakses berbagai informasi penting terkait pengumuman snmptn disini

Sementara itu Ketua Umum Panitia Snmptn 2013, Prof. Akhmaloka, Ph.D, yang juga menjabat Rektor ITB Bandung mengatakan, panitia sedang konsentrasi menyaring pelamar SNMPTN yang sebelumnya sudah diranking. Jika ada siswa yang masuk daftar ranking tetapi tidak lulus ujian nasional, namanya langsung didrop alias tidak diterima statusnya kelulusannya.

Panitia juga menyampaikan bahwa peserta Snmptn 2013 jalur undangan bisa melihat pengumuman melalui internet hari ini pukul 18.00 WIB sedangkan di media massa sekitar hari Selasa 28 Mei 2013.

Menurut keterangan dari Ketua Umum Panitia SNMPTN 2013, Prof. Akhmaloka, Ph.D., data di upload ke internet setelah ada konferensi pers dengan media masa di ITB (Institut Teknologi Bandung).

Beruntungnya menurut Prof. Akhmaloka, Ph.D., bahwa perbedaan data kelulusan siswa sejauh ini tidak mengganggu proses SNMPTN. Untuk mengatasi pontesi ada siswa lulus SNMPTN tetapi yang bersangkutan tidak lulus SMA, panitia punya cara. Yakni, seluruh pelamar wajib membawa bukti kelulusan ketika mendaftar ulang pada 18-19 Juni mendatang. “Pokoknya yang boleh kuliah itu yang sudah lulus atau menamatkan SMA atau sederajat,” tegasnya.

Dari catatan panitia, jumlah pelamar SNMPTN 2013 mencapai 780 ribuan. Sedangkan kuota yang tersedia sekitar 132 ribu kursi mahasiswa baru. Bagi yang tidak lulus SNMPTN, masih punya peluang kuliah di kampus negeri lewat jalur tes tulis atau SBM PTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri).

Namun permasalahan Snmptn masih ada, yaitu pengumuman kelulusan SNMPTN 2013 diwarnai perbedaan data kelulusan siswa antara versi Kemdikbud dengan dinas pendidikan provinsi. Perbedaan itu terjadi hampir di seluruh provinsi. Salah satunya di Sumatera Utara (Sumut). Versi Kemdikbud ada 641 murid SMA dan sederajat yang tidak lulus sedangkan menurut Dinas Pendidikan Sumut, yang tidak lulus 2.948 siswa. Semoga saja perbedaan data tersebut bisa diselesaikan dengan bijak.

Demikian info Pengumuman Hasil Kelulusan Snmptn 2013 kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!