Soal CPNS 2013 | Download Latihan Soal CPNS 2013 | Para peminat seleksi Cpns 2013 tentunya harus banyak berlatih soal-soal tes CPNS 2013 yang akan segera berlangsung, dan disini kami akan berbagi tips agar teman-teman calon peserta Tes CPNS 2013 bisa lebih mudah untuk sukses.

Sebagaimana kita maklumi bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN RB) ternyata telah memulai tahapan pendataan dan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 sejak Juni 2012, atau lima bulan sebelum batas akhir pencabutan moratorium. Dipastikan bahwa mulai April hingga Mei 2013 ini, instansi otoritas kepegawaian daerah (BKD), ternyata sudah dijadwalkan membentuk panitia penerimaan CPNS, sebelum dibuka masa pendaftaran Juni 2013 mendatang.

Soal dan lembar jawaban akan mulai disusun Mei 2013 dan pencetakannya akan berlangsung Agustus 2013, dan saat bersamaan proses pendaftaran pan seleksi berkas berlangsung Juni hingga Juli.

Pemerintah menetapkan empat kelompok jabatan untuk instansi pusat, dan enam kelompok jabatan untuk instansi daerah sebagai prioritas dalam rekrutmen CPNS tahun 2013. Pegawai pada kelompok jabatan dimaksud dinilai kekurangan, berdasarkan hasil perhitungan beban kerja.

Rekrutmen CPNS 2013 tidak hanya menyangkut faktor intelektualitas. Sebab, integritas justru akan menjadi faktor utama dalam merekrut para calon abdi negara itu.

Menurut Pemerintah, CPNS 2013 harus memenuhi ambang batas kelulusan (passing grade). Selain menjalani ujian kepribadian, wawasan kebangsaan, dan kompetensi dasar, CPNS juga harus lulus pada kompetensi bidang. Di Indonesia, dibutuhkan aparatur yang kreatif untuk melakukan perubahan yang lebih baik terhadap negara ini.

Oleh karena itu suatu prediksi soal CPNS yang berkualitas sangat dibutuhkan yang akan membantu persiapan teman-teman Cpns untuk bisa lulus seleksi, karena Pemerintah menjamin tes Cpns 2013 akan berlangsung murni. Mari kita berlatih Soal Cpns 2013

Ok selanjutnya kami akan sharing materi apa saja yang harus dipersiapkan.

Materi Ujian Kompetensi Dasar PNS meliputi :

1a. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan Regional maupun Global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

1b. Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis, Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka, Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis, Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

1c. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai diantaranya integritas diri dan semangat berprestasi,

Materi Soal Ujian Kompetensi Bidang :

2a. Materi soal ujian kompetensi bidang disesuaikan dengan karakteristik jabatan, yang pelaksanaannya dapat berbentuk tes tertulis, tes praktek (performance test), tes psikologi lanjutan, dan atau tes wawancara.

2b. Penyusunan materi soal ujian tulis kompetensi bidang adalah tanggungjawab Instansi Pembina Jabatan Fungsional yang bersangkutan, misalnya Dosen dan Guru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dokter, Perawat, dan Bidan oleh Kementerian Kesehatan.

Oleh karena itu agar bisa mengantisipasi jenis-jenis soal di atas kami menyarankan anda agar banyak mengenal contoh soal CPNS maupun prediksi Soal CPNS 2013 yang semuanya bisa diperoleh dari Soal CPNS 2013. Soal CPNS 2013 atau untuk paket lengkap soal-soal CPNS 2013 yang terdiri dari latihan atau prediksi soal Cpns 2013 maupun koleksi lengkap soal-soal Cpns selama lebih kurang 11 tahun yang dihimpun oleh team Soal Cpns.

Gambaran soal-soal yang kami rekomendasikan dalam paket lengkap soal CPNS 2013 yang dibuat oleh Team Ahli diantaranya:

1. PREDIKSI SOAL CPNS 2013

2. KISI-KISI MATERI CPNS
Kisi-kisi Bhs.Indonesia
Kisi-kisi Bhs.Inggris
Kisi-kisi Pancasila & UUD
Kisi-kisi Sospol (Sejarah, Pemerintahan & Sistem Administrasi Negara/Tata Negara)

3. TES KEMAMPUAN BIDANG (TKB) CPNS
TKB Agama
TKB Akuntansi
TKB Ekonomi
TKB Geografi
TKB Hankam (Pertahanan Keamanan)
TKB Hukum
TKB Kehutanan
TKB Kesehatan
TKB Pendidikan
TKB Pertanian
TKB Farmasi

4. TES BAKAT SKOLASTIK (TBS) CPNS

5. TES POTENSI AKADEMIK (TPA) CPNS

6. PSIKOTES CPNS

7. TES SKALA KEMATANGAN (TSK) CPNS

8. KOLEKSI SOAL CPNS TH. 2000-2012

9. KOLEKSI UNDANG-UNDANG

Seluruh soal tentunya dilengkapi dengan pembahasan lengkap serta disesuaikan dengan kisi-kisi Soal CPNS 2013 yang akan diujikan, tentunya anda ingin lulus tes Cpns 2013? Anda bisa mendapatkan paket soal lengkap tersebut di Soal CPNS 2013, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!, terima kasih.