Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Nullam eu est quis enim commodo aliquet. Vestibulum eleifend venenatis massa. Curabitur rutrum accumsan felis. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Phasellus ut augue eu purus iaculis viverra. Maecenas vehicula dictum diam.

Read More

UIN Maliki Malang Dipimpin Orang Hafal Alquran

UIN MALANG – Rencana Imam Suprayogo, Rektor UIN Maliki Malang, 25 tahun yang akan datang Universitas yang memiliki ma’had ini harus dipimpin oleh rektor yang hafal Alquran. Untuk mewujudkan rencananya itu, Imam Suprayoga sudah menyiapkan kader-kader pemimpin UIN Maliki. Mereka itu adalah mahasiswa UIN Maliki yang mampu menghafal Alquran 30 juz dan memiliki prestasi yang baik di ranah akademiknya.
Sejak berubahnya nama Kampus hijau ini menjadi UIN Maliki Malang, Imam sudah bertekad bulat untuk terus memicu mahasiswa UIN Maliki malang yang mempunyai prestasi akademik yang baik dan hafal Alquran untuk melanjutkan studinya dengan dibiayai oleh kampus.
“Dengan cara begini ini, UIN Maliki akan memiliki dosen yang hafal Alquran dan calon pemimpin yang siap untuk meneruskan cita-cita saya,” terang Imam Suprayogo, saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan matrikulasi mahasiswa penerima beasiswa santri berprestasi di UIN Maliki.
Oleh sebab itu, kata dia, orang-orang yang hafal Alquran yang prestasinya bagus kita dukung untuk melanjutkan ke S2, dan S3, dan jika sudah lulus doktor semua akan diangkat jadi dosen UIN Maliki Malang. “Alquran di sini (UIN Maliki, red) diberikan posisi yang lebih inggi dari pada yang lainnya,” terang Imam penuh yakin.
Saat ini, tambah bapak kelahiran trenggalek, dari 7000 mahasiswa UIN Maliki yang hafal Alquran sudah mencapai 386 mahasiswa, dan itu artinya 10 persen, mahasiswa UIN Maliki sudah hafal Alquran.
“Untuk mendukung kegiatan hafalan Alquran saya sudah siapkan lembaga HTQ yang khusus menangani mahasiswa, dan dosen yang hafal Alquran,” jelasnya. UIN MALANG – (aj-GEMA)
share

Tags: , , , , , ,

Filed under:Berita Terkini

UIN Malang bicara : “Jangan Dikotomikan Pendidikan”. UIN Malang talk: “Do not Dichotomy of Education”. (pendidikan di indonesia, pendidikan nasional)

UIN MALANG – Senayan – Antara pendidikan agama dan umum masih sering terjadi dikotomi. Misalnya, lulusan pesantren salafiyah masih belum diterima di perguruan tinggi negeri. “Seringkali lulusan teknik dari perguruan tinggi agama, diperlakukan beda dengan lulusan teknik dari perguruan tinggi umum,” ujar Amrullah Alimoebin, wakil dari Universitas Islam Negeri Malang, Jawa Timur, saat audiensi ke Komisi X, Kamis (20/5). Karena itu, para mahasiswa UIN Malang ini meminta agar dikotomi ini dihapuskan.
Menurut salah seorang anggota Dewan yang menerima perwakilan, Reni Marlinawati dari F-PPP, sistem pendidikan nasional kita memang masih membedakan antara pendidikan agama dan umum. “Padahal pendidikan paling tua di negara kita itu pendidikan agama,” katanya sambil memberi contoh apabila ada mahasiswa dari kedokteran dan agama, maka yang dari perguruan tinggi agama biasanya diabaikan.
UIN MALANG – Sistem pendidikan nasional juga masih belum bisa menerima lulusan pesantren untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Sedangkan menurut Abdul Wahid Hamid dari F-PKB, sebenarnya nomenklatur pesantren sudah diterima. Karena itu, kasus ditolaknya lulusan pesantren masuk ke pergurun tinggi umum menjadi catatan Komisi X. “Karena sudah ada PP yang mengatur soal pendidikan pesantren,” katanya.
Dalam PP tersebut diatur bahwa pesantren kurikulumnya disetarakan dengan diniyah. Sehingga bisa diterima ke perguruan tinggi. UIN MALANG – (imf/zik)
share

Tags: , , , , , ,

Filed under:Berita Terkini

Antri Panjang Beasiswa DIPA Siap Dibagikan, Queue Length DIPA Scholarships Ready Distributed. (Dipa 2010)

UIN MALANG – Usaha UIN Maliki Malang untuk memberi apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi diwujudkan dengan memberikan kemudahan akses beasiswa. Tahun ini banyak beasiswa yang tersedia diantaranya Qatar Charity, Gudang Garam, BRI, Super Semar dan berbagai beasiswa lainnya. Beberapa hari ini ruang kemahasiswaan ramai dikunjungi mahasiswa yang mengantri untuk memasukkan nomor rekening mereka ke database. Mereka adalah diantara 1849 mahasiswa berprestasi dan kurang mampu yang memperoleh beasiswa dari DIPA.
UIN MALANG – Memperoleh beasiswa di UIN Maliki Malang cukup mudah karena seluruh mahasiswa dapat mengakses informasi tersebut di masing-masing fakultas. Mahasiswa yang mampu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan bisa langsung mengisi formulir dan selanjutnya menunggu pengumuman calon penerima beasiswa. Banyaknya beasiswa yang telah diusahakan oleh UIN Maliki Malang ini diharapkan bisa memacu para mahasiswa untuk berprestasi lebih baik lagi.
share

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Filed under:Berita Terkini

SNMPTN 2010 UIN Malang. (snmptn, snmptn 2010, snmptn unpad 2010, snmptn ugm 2010, snptn undip 2010, snmptn ac id, snmptn uny 2010, snmptn itb 2010)

UIN MALANG – SNMPTN merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dengan menggunakan soal yang sama atau setara dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2010 tetap dilaksanakan dalam semangat untuk memperluas akses masyarakat di seluruh Indonesia untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri. Untuk menjamin kredibilitas seleksi, Panitia SNMPTN 2010 berupaya keras untuk meningkatkan mutu pelaksanaannya. Salah satu bentuk perbaikan dan penyempurnaan mekanisme pelaksanaan SNMPTN 2010 adalah diterapkannya sistem pendaftaran secara online untuk pertama kalinya.
Secara umum, informasi-informasi penting mengenai pelaksanaan SNMPTN Tahun 2010 adalah sebagai berikut :
1. Pelaksanaan Ujian SNMPTN 2010
Waktu Pelaksanaan Ujian
Ujian tulis SNMPTN 2010 akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Juni 2010 untuk jenis ujian Tes Potensi Akademik dan Tes Bidang Studi Dasar, dan hari Kamis, 17 Juni 2010 untuk jenis ujian Tes Bidang Studi IPA dan Tes Bidang Studi IPS. Sementara itu, Ujian dan Tes Keterampilan akan dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 18 dan 19 Juni 2010.
Pengumuman Hasil Ujian
Hasil ujian diumumkan di website SNMPTN 2010 yang dapat diakses pada hari Sabtu, 17 Juli 2010 mulai pukul 00.00 WIB.
2. Pendaftaran SNMPTN 2010
Waktu Pendaftaran
Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui internet sehingga dapat dilakukan dari manapun mulai tanggal 2 Mei 2010 pukul 08.00 WIB sampai dengan 31 Mei 2010 pukul 16.00 WIB. Pendaftaran susulan secara on-line dibuka kembali pada tanggal 10-12 Juni 2010 yang dilaksanakan bagi lulusan SMA/MA/SMK/MAK yang mengikuti UN ulangan.
Persyaratan Pendaftaran
Persyaratan bagi peserta ujian SNMPTN 2010 adalah Lulus Ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2008, 2009 dan 2010, sehat, dan tidak buta warna bagi program studi tertentu. Sementara persyaratan penerimaan perguruan tinggi adalah lulus ujian Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus SNMPTN 2010, sehat dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
Cara pendaftaran
Secara umum tata cara pendaftaran SNMPTN 2010 secara online adalah sebagai berikut :
  1. Calon peserta membayar biaya ujian di BANK MANDIRI melalui Loket/ATM/Internet Banking.
  2. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (a) Nomor Identitas calon peserta, dan (b) PIN SNMPTN sepanjang 16 karakter. Nomor Identitas dan PIN SNMPTN ini bersifat sangat rahasia dan tidak boleh diperlihatkan pada orang lain.
  3. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi alamat website SNMPTN 2010.
  4. Setelah melakukan pendaftaran secara online, calon peserta akan menerima Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2010 yang harus dibawa ketika mengikuti ujian.
  5. Peserta ujian dapat memilih Program Studi di setiap PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Tempat ujian tidak merupakan kriteria penerimaan, sehingga peserta ujian tidak perlu mengikuti ujian di tempat Program Studi atau Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi pilihannya. Peserta dapat memilih lokasi ujian yang dikehendaki.

Biaya Pendaftaran
Biaya pendaftaran SNMPTN 2010 tidak berubah dibandingkan SNMPTN 2009 yaitu Rp. 150.000,- untuk kelompok ujian IPA/IPS dan Rp. 175.000,- untuk kelompok ujian IPC.

Pusat Informasi SNMPTN 2010
UIN MALANG – Situs resmi SNMPTN 2010 adalah http://w-w-w-.-s-n-m-p-t-n-.a-c-.-i-d. Segala informasi mengenai SNMPTN 2010 dapat diakses melalui situs web tersebut.
Alamat Panitia Pelaksana SNMPTN 2010 adalah Gedung Andi Hakim Nasoetion Rektorat IPB lantai 2 Kampus IPB Darmaga, Bogor. Telp. (0251) 8622634, 8622635; Fax. (0251) 8622708; e-mail: p-a-n-i-t-i-a-@-s-n-m-p-t-n-.-a-c-.-i-d
(Dikutip dari Website Resmi w-w-w-.-s-n-m-p-t-n-.-a-c-.-i-d)
share

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Filed under:Pendaftaran UIN

Pembekalan Wisuda UIN Malang Semester Genap 2009/2010, Graduation debriefing UIN Malang Even Semester 2009/2010

UIN MALANG -Sehari sebelum wisuda, hari Jum’at tanggal 14 Mei 2010 seluruh para calon wisudawan telah berkumpul di gedung Student Center (SC) UIN Maliki Malang dalam rangka mengikuti Pembekalan Wisuda. Pada pembekalan kali ini UIN Maliki Malang menghadirkan Dr. Mastuki (Depag RI) dan Drs. Wahyu Santoso, SH. MSi (Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Kota Malang) sebagai pemateri. Harapannya, para calon wisudawan memiliki gambaran yang lebih baik tentang dunia kerja ke depan sehingga sarjana dari UIN Maliki Malang sudah siap untuk terjun di masyarakat.
UIN MALANG – Acara yang diikuti oleh 446 para calon wisudawan ini diakhiri dengan gladi bersih. Seluruh peserta wisuda baik dari komponen calon wisudawan sendiri maupun panitia, dosen, hingga paduan suara semuanya berlatih dengan maksimal untuk mempersiapkan acara wisuda yang sesungguhnya pada esok harinya. Panitia pada setiap wisuda di UIN Maliki Malang diserahkan kepada fakultas secara bergilir dan panitia pada wisuda kali ini adalah Fakultas Psikologi. Selamat & Sukses untuk para wisudawan. (u-i-n-m-a-l-a-n-g-a-c-i-d) UIN MALANG
share
Filed under:Berita Terkini