Pengumuman Snmptn Dipercepat Menjadi 27 Mei 2013

Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 jalur undangan bisa dimajukan atau mundur, karena tergantung dari hasil pengumuman ujian nasional (UN) 2013. Sesuai jadwal panitia, SNMPTN 2013 akan diumumkan pada 28 Mei 2013. Namun karena pengumuman UN sudah dipublikasikan dan proses seleksi di Panitia dimana melibatkan juga hasil ujian nasional (UN). Maka panitia Snmptn 2013 mengambil kebijakan bahwa Pengumuman Snmptn 2013 jalur undangan dimajukan sehari menjadi hari ini Senin tanggal 27 Mei 2013.

Adalah Prof. Drs. Sutarno, MSc, PhD kepada wartawan, di ruang sidang Rektorat UNS, Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2013)menyampaikan bawah sebetulnya bila UN bisa diumumkan on time, maka dua hari kemudian SNMPTN juga bisa diumumkan,” jelas Ketua Panitia SNMPTN 2013 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Baca lebih lanjut »

Pengumuman Hasil Kelulusan Ujian Nasional SMA 2013

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memastikan, Pengumuman Kelulusan Ujian Nasional SMA 2013 tidak berubah, tetap pada jadwal tanggal 24 Mei 2013. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) juga menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian nasional (UN) untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan yang sederajat (termasuk Madrasah Aliyah, SMK, SMALB, dan Paket C) tahun pelajaran 2012/2013 dinyatakan sah. Dengan demikian Jadwal pengumuman UN SMA/MA/SMK sederajat tetap berpedoman pada jadwal yang dilansir Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai penyelenggara UN, pengumuman kelulusan peserta UN jenjang SMA sederajat tetap akan dilakukan pada tanggal 24 Mei 2013. Sedangkan pengumuman kelulusan peserta UN SMP/MTs/SMPLB, dan Paket B pada tanggal 1 Juni 2012 Beberapa situs yang memberikan informasi pengumuman diantaranya :

  1. ujian-nasional.info | Infonya bisa diakses disini
  2. pengumumanun.com | Infonya bisa diakses disini

Perlu disadari bersama bahwa publikasi Pengumuman UN SMA merupakan tugas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Berdasarkan jadwal yang dilansir Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai penyelenggara UN, pengumuman kelulusan peserta UN jenjang SMA/MA/SMK sederajat akan dilakukan pada 24 Mei 2013. Sedangkan pengumuman kelulusan peserta UN SMP/MTs/SMPLB, dan Paket B pada tanggal 1 Juni 2012.

Mendikbud Prof. DR. H. Muhammad Nuh, DEA mengatakan bahwa pelaksanaan UN masih dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan kelulusan siswa. Pasalnya, UN bisa dijadikan media untuk memetakan kondisi pendidikan sampai ke tingkat satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kisi-kisi pelajaran. Nantinya data yang diperoleh melalui UN tersebut akan disampaikan ke sekolah untuk dilakukan intervensi.

Demikian info Pengumuman Hasil Kelulusan Ujian Nasional SMA 2013 kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!

Latihan Soal Ujian Nasional SD/MI 2013

Guna mempersiapkan ujian nasional SD/MI sederajat dan Paket A tahun ajaran 2012/2013 yang berkualitas, para siswa dituntut mempersiapkan diri sebaik-baiknya dari aspek akademis dan aspek lainnya.

Untuk sukses UN SD 2013, diperlukan suatu model Latihan Soal Ujian Nasional SD 2013 yang berlandaskan kisi-kisi merupakan sumberdaya yang berharga untuk mengantar kesuksesan para siswa dalam ujian nasional SD / MI tahun pelajaran 2013. Terkait masalah Latihan Soal UN 2013, kami memberikan rekapan beberapa laman info ujian nasional yang materi latihannya bisa anda pelajari secara gratis dan materinya bisa anda ambil untuk dipelajari di sekolah / rumah apabila anda banyak kesibukan lainya. Beberapa situs yang memberikan latihan gratis diantaranya : Baca lebih lanjut »

Jadwal Ujian Nasional 2013 Berubah

Jadwal Ujian Nasional 2013 Berubah Untuk 11 Propinsi. Pelaksanaan Ujian Nasional 2013 pada jenjang SMA/MA/SMALB/SMK dan Paket C untuk 11 provinsi berubah untuk beberapa propinsi seperti Kalimantan Selatan , Kalimantan Timur, Sulawewsi Utara, Sulawesi Tengah , Sulawesi Selatan , Sulawesi Tenggara , Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, dan Sulawesi Barat. Kebijakan ini diambil oleh Pemerintah terkait kendala teknis di lapangan.

UN hari pertama yang semula dijadwalkan pada Senin, 15 April 2013 diundur menjadi Senin, 22 April 2013. Adapun mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama untuk SMA/MA/SMALB/SMK adalah Bahasa Indonesia, sedangkan untuk Paket C adalah Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia. Baca lebih lanjut »

Latihan Soal UN Online 2013

Guna mempersiapkan ujian nasional 2013 yang berkualitas, para siswa dituntut mempersiapkan diri sebaik-baiknya dari aspek akademis dan aspek lainnya.

Untuk sukses UN 2013, diperlukan suatu model Latihan Soal Ujian Nasional 2013 yang berlandaskan kisi-kisi merupakan sumberdaya yang berharga untuk mengantar kesuksesan para siswa dalam ujian nasional tahun 2013. Terkait masalah Latihan Soal UN 2013, kami memberikan rekapan beberapa laman info ujian nasional yang materi latihannya bisa anda pelajari secara gratis dan materinya bisa anda ambil untuk dipelajari di sekolah / rumah apabila anda banyak kesibukan lainya. Beberapa situs yang memberikan latihan gratis diantaranya : Baca lebih lanjut »

Kisi-kisi UN 2013

Blog ujian nasional merilis Materi Kisi-kisi UN 2013 yang sudah lengkap dibuat oleh oleh Bsnp / Kemdikbud. Kisi-kisi ini sudah dilengkapi dengan POS Ujian Nasional 2013 versi update/revisi oleh Bsnp dan Kemdikbud.

Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik, dan hal ini tampaknya mengacu pada Permendiknas No 23 Tahun 2006. Menurut Permendiknas Republik Indonesia No 23 Tahun 2006 bahwa Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah meliputi meliputi standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran, dan standar kompetensi lulusan minimal mata pelajaran. Baca lebih lanjut »

Jadwal Penting Ujian Nasional 2013

Kegiatan Ujian Nasional 2013 yang mulai melibatkan siswa sebagai peserta akan ditandai dengan jadwal Ujian praktik Keahlian Kejuruan untuk SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang harus selesai dilaksanakan paling lambat tanggal 24 Maret 2013. Berbagai persiapan pun telah mulai dilakukan sejak November 2012 dengan Pendistribusian kisi-kisi soal UN yang di bawah koordinasi / tanggung jawab Penyelenggara UN 2013 tingkat Pusat.

Berbagai aktivias yang seharusnya sudah selesai dilaksanakan diantaranya Sosialisasi Permen dan POS UN, Penandatanganan pakta integritas antara BSNP, Perguruan Tinggi Negeri Koordinator UN, dan Dinas Pendidikan Provinsi, Pendataan Peserta dan Pengumpulan nilai rapor SMA sederajat semester 3-5 dan SMP sederajat semester 1-5, Pengiriman DNT peserta UN SMA/MA, SMK, Paket C, dan Paket C Kejuruan ke Penyelenggara UN Tingkat Sekolah/Madrasah/ pondok pesantren / Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan Sanggar Kegiatan Belajar melalui Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota, dan lain-lain. Baca lebih lanjut »

Jadwal Resmi UN 2013

Dengan terbitnya POS UN 2013, maka Jadwal UN 2013 telah bisa dilihat versi official-nya. Jadwal tersebut mendeskripsikan secara lebih detail, mulai dari tanggal pelaksanaan, mata pelajaran yang diujikan untuk setiap jenjang pendidikan dan jurusan juga menjelaskan tentang lama pengerjaan soal. Disamping itu terdapat juga jadwal ujian nasional susulan bagi peserta UN 2013 yang berhalangan hadir karena alasan yang dibenarkan. Baca lebih lanjut »

Download POS UN 2013

Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional bagi satuan pendidikan tahun ajaran 2012/2013 atau POS UN 2013 segera kan dijadikan dasar dan acuan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional karena materi tersebut relah dirilis resmi pada hari ini tanggal 30 Januari 2013.

POS UN tahun 2013 dibuat dalam rangka pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional. Materi tersebut dibuat berdasarkan Peratuan BSNP Nomor: 0020/P/BSNP/I/2013 tentang POS UN SD/MI dan Peratuan BSNP Nomor: 0021/P/BSNP/I/2013 mengenai POS UN SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, SMK, dan Pendidikan Kesetaraan baik Paket A, B, atau Paket C. Baca lebih lanjut »

Ujian Nasional SD Dihapuskan dalam Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 akan menghilangkan ujian nasional (UN) untuk tingkat SD (Sekolah Dasar) dan MI (Madrasah Ibtidaiyah). Nilai kelulusan diambil dari nilai laporan yang diberikan guru setiap semester. Sedangkan untuk SMP dan SMA, UN masih tetap diberlakukan.

“Jika kurikulum sebelumnya pada SD ada 8 mata pelajaran, Kurikulum 2013 menjadi 6 mata pelajaran. Untuk SMP dari 10 menjadi 8 mata pelajaran. Sedangkan untuk SMA, sistem jurusan akan dihapuskan. Jika sebelumnya ada tiga jurusan, nanti ditukar dengan sistem pilihan dan pendalaman,” jelasnya. Baca lebih lanjut »