Download POS UN 2013

Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional bagi satuan pendidikan tahun ajaran 2012/2013 atau POS UN 2013 segera kan dijadikan dasar dan acuan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional karena materi tersebut relah dirilis resmi pada hari ini tanggal 30 Januari 2013.

POS UN tahun 2013 dibuat dalam rangka pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional. Materi tersebut dibuat berdasarkan Peratuan BSNP Nomor: 0020/P/BSNP/I/2013 tentang POS UN SD/MI dan Peratuan BSNP Nomor: 0021/P/BSNP/I/2013 mengenai POS UN SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, SMK, dan Pendidikan Kesetaraan baik Paket A, B, atau Paket C.

Untuk mendownload file POS UN tersebut berikut Tata Tertib Pengawas Ujian Nasional (UN) bisa didapatkan melalui halaman ini

Sebagai gambaran umumnya kami sampaikan beberapa hal yang menjadi materi Prosedur Operasi Standar UN tersebut, diantaranya :

Bahan Ujian Nasional

UN SD/MI, SDLB

A. Penyusunan Kisi-Kisi Soal

Penyelenggara Tingkat Pusat menyusun kisi-kisi soal berdasarkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Standar Isi satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan Permendiknas Nomor 22 tahun 2006, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. mengidentifikasi SK dan KD Mata Pelajaran dari setiap mata pelajaran yang diujikan berdasarkan SK dan KD pada Standar Isi;
2. menyusun kisi-kisi soal UN dengan melibatkan dosen, guru, dan pakar penilaian pendidikan;
3. melakukan validasi kisi-kisi soal UN dengan melibatkan dosen, guru, dan pakar penilaian pendidikan;
4. mengusulkan kisi-kisi soal UN kepada BSNP untuk ditetapkan sebagai kisi-kisi soal UN Tahun Pelajaran 2012/2013.

B. Penyiapan Bahan UN

1. Penyelenggara UN Tingkat Pusat menyiapkan 25% butir soal dengan cara mengidentifikasi dan memilih butir-butir soal dari bank soal nasional sesuai dengan kisi-kisi soal UN Tahun 2012/2013.
2. Penyelenggara UN Tingkat Provinsi menyiapkan 75% butir soal dan merakit Master Naskah Soal.

UN SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, SMK, dan Pendidikan Kesetaraan

A. Penyusunan Kisi-Kisi Soal

Penyelenggara UN Tingkat Pusat menyusun kisi-kisi soal berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. menetapkan dosen, guru, dan pakar penilaian pendidikan untuk menyusun kisi-kisi soal;
2. melakukan validasi kisi-kisi soal dengan melibatkan dosen, guru, dan pakar penilaian pendidikan;
3. menetapkan kisi-kisi soal UN yang digunakan sebagai acuan dalam penyusunan soal UN pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2012/2013.

B. Penyiapan Bahan Ujian Nasional

Penyelenggara UN Tingkat Pusat membuat master copy naskah soal UN dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. mengidentifikasi dan memilih butir-butir soal dari bank soal nasional sesuai dengan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2012/2013;
b. merakit naskah soal UN dengan memperhatikan sebaran tingkat kesukaran soal;
c. menyiapkan bahan UN dalam bentuk Braille bagi peserta UN tunanetra;
d. menyiapkan naskah soal UN yang berbeda dengan tingkat kesulitan yang sama untuk setiap peserta dalam satu ruang ujian untuk UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Program Paket C;
e. menyiapkan 5 (lima) Paket soal UN yang berbeda khusus untuk SMPLB, SMALB, Program Paket C Kejuruan, dan Program Paket B/Wustha dan 1 (satu) Paket Soal untuk Program Paket A/Ula;
f. menyiapkan bahan UN Bahasa Inggris listening comprehension untuk SMA, MA, SMALB dan SMK (kecuali tunarungu);
g. menyiapkan bahan UN Bahasa Inggris reading sebagai pengganti listening comprehension bagi siswa SMA, MA, SMALB, dan SMK yang menyandang tunarungu (peserta didik inklusi); dan seterusnya :)

Demikian info POS UN 2013 yang sudah bisa dipergunakan untuk persiapan UN 2013 di Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), SMA/MA, SMK, dan Program UNPK Paket A, B, dan C, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!

  1. :grin: terima kasih info POS UN 2013 telah terbit sebagai pedoaman pelaksanaan UN 2013 semoga sukses dan maju dnuia pendidikan

  2. Lukas Tandibadoang

    Thank, POS UN udah dapat diunduh semoga dapat membantu persiapan UN.

  3. dengan makin banyak paket soal UN 2013, mudah-mudahan dapat menjadikan motivasi bagi siswa untuk lebih giat belajar

  4. Alhamd POS UN 13,Smoga anakdidik sukses

  5. Maturnuwun …! Sangat membantu sekali bagi mereka yang sebelumnya tidak mempunyai kesempatan mengikuti pendidikan secara formal karena berbagai sebab. Terus dukung dan semoga semakin maju terdepan Dunia Pendidikan Indonesia. amin…… :lol:

  6. TERIMAKASIH ATAS INFONYA, SEHINGGA KAMI DAPAT MEMPERSIAPKAN DIRI LEBIH DINI

  7. Terimakasih Banyak,…………………..

  8. Sekedar Info , POS UN 2013 di revisi oleh BSNP. Silakan download di Blog Bergulat dengan Sanang

  9. DOwnload POS, Jadwal, Kisi-kisi
    UN, USBN, UAMBN SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK di
    http://www.salafiyahprambon.com atau Klik Disini

  10. bagaimana tentang mas’alah uji 2 kalinya kelas akselerasi di seluruh indonesia ?
    dapat menyebabkan beban pikiran kepada peserta didik/siswa yang seharusnya memikirkan UN malah harus memikirkan masalah “TEST IQ untuk UN” ?? :sad:

  11. waduh musti rajin nih UN DEPAN MATA :eek: :roll:

Tinggalkan komentar

*

CAPTCHA Image Refresh Image


CATATAN - Anda bisa menggunakan HTML Label dan atribut:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>