Produk speaker atau pengeras suara merupakan salah satu bagian dari produk elektronika yang sangat penting. Sebagai bagian dari produk audio, speaker merupakan komponen elektronika yang harus selalu ada dalam sebuah produk audio, apakah itu produk audio murni seperti tape-recorder, radio dan sound system lainnya atau pun produk audio visual seperti TV, CD, VCD, DVD dan lain-lain.
200808298
Penggunaan produk speaker pun sangat luas, bahkan di era modern ini hampir tidak ada bagian dari kehidupan sehari-hari yang tidak melibatkan komponen elektronika yang disebut dengan speaker. Di lingkungan rumah tangga pasti ada peralatan elektronika yang menggunakan speaker, di dalam mobil pun sudah pasti ada komponen speakernya. Demikian juga di dalam moda trasportasi lainnya seperti di dalam kereta api, di dalam pesawat terbang serta di tempat umum seperti stasiun, terminal, pusat perbelanjaan dan lain-lain pasti disitu dipergunakan alat atau komponen yang disebut dengan speaker.

Mengingat pentingnya komponen speaker dalam kehidupan sehari-hari dan luasnya penggunaan komponen elektronika tersebut di masyarakat, maka sudah dapat dipastikan industri manufaktur speaker di tanah air merupakan salah satu industri elektronika yang cukup vital bagi perekonomian nasional.

Mengingat pentingnya industri speaker ini maka sudah selayaknya lah jika industri ini menjadi bagian dari kompetensi inti para pelaku industri di tanah air. Industri ini seharusnya menjadi bagian dari faktor daya saing industri nasional dan oleh karena itu industri ini harus dikuasai oleh perusahaan lokal/nasional dengan sebanyak mungkin mempekerjakan para tenaga kerja Indonesia.

2008082914

Beruntunglah negeri ini memiliki CV. Sinar Baja Electric yang selama ini sudah mampu memproduksi berbagai jenis produk speaker untuk berbagai macam penggunaan, baik speaker untuk produk elektronika audio, elektornika audio visual, kendaraan bermotor maupun untuk produk sound system. Perusahaan yang yang mempekerjakan lebih dari 2.000 karyawan dan berbasis di Surabaya, Jawa Timur itu kini sudah mampu menunjukkan keberadaannya sebagai produsen speaker terbesar dan terkemuka di kawasan Asia Tenggara dengan kapasitas produksi speaker sebesar 2.5 juta unit per bulan. Berbagai produk speakernya tidak hanya dipergunakan oleh industri elektronika multinasional yang ada di Indonesia, tetapi juga sudah diekspor ke berbagai negara untuk memenuhi permintaan berbagai industri di mancanegara.

Banyaknya perusahaan multinasional yang menggunakan speaker buatan CV. Sinar Baja Electric menunjukkan kualitas produk speaker buatan CV. Sinar Baja Electric telah mampu memenuhi standar kualitas dunia sehingga produk perusahaan tersebut mampu bersaing di tingkat internasional.

Beberapa perusahaan industri elektronika multinasional maupun nasional yang selama ini menggunakan speaker buatan CV. Sinar Baja Electric diantaranya Samsung, LG, Sharp, Yamaha, Polytron, Panasonic, Sony, Toa dan Crystal. Sedangkan kegiatan ekspor speaker PT Sinar Baja Electric antara lain dilakukan ke Inggris (memasok perusahaan pembuat speaker mobil terkenal Aston Martin), Amerika Serikat, Jerman dan Vietnam.

2008082925

Prestasi CV. Sinar Baja Electric lainnya yang cukup membanggakan bagi bangsa Indonesia adalah bahwa perusahaan tersebut juga telah berhasil memperkenalkan merek-merek produk speaker sendiri ke pasar dunia sehingga kini merek-merek tersebut cukup dikenal masyarakat konsumen di mancanegara. Beberapa merek produk speaker milik CV. Sinar Baja Electric yang kini sudah cukup dikenal dunia diantaranya adalah Rhyme, RAF, Fidelity, Roadmaster, Salsa dan ACR.

Sekilas CV Sinar Baja Electric :

CV Sinar Baja Electric didirikan pada tahun 1980 dan kini menjadi pabrik speaker terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Perusahaan ini memproduksi speaker untuk rumah dan mobil dengan diameter berkisar antara 1,75” hingga 21” yang terdiri dari tweeter, woofer, middle, full range, tweeter dome, dan box speaker.Seiring dengan berkembangnya kegiatan usaha dan dalam rangka memperluas jaringan, pada tahun 1985 CV Sinar Baja Electric mendirikan perusahaan baru PT Indoyoke dan pada tahun 1987 mendirikan PT Multicone Paperindo. PT Indoyoke memproduksi komponen speaker berupa bottom plates (yokes) dan upper plates (washers) dengan kapasitas total 1000 ton per bulan. Selain untuk memenuhi kebutuhan CV. Sinar Baja Electric sendiri, PT Indoyoke juga menerima pesanan dari perusahaan-perusahaan domestik dan luar negeri. Pada tahun 1995 PT Indoyoke mengembangkan bisnisnya di China dengan mendirikan CV Sinar Baja Pan Yu dengan total kapasitas produksi yoke sebesar 1.200 ton per bulan.

2008082933

PT Multicone Paperindo memproduksi conepaper, damper dan dust cap yang dipasok tidak hanya untuk CV. Sinar Baja Electric tetapi juga untuk perusahaan-perusahaan domestik dan luar negeri. PT Multicone Paperindo juga mempunyai CNC Machining Centre untuk memproduksi moulding.

Selain dari dua perusahaan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan suku cadang lainnya, CV Sinar Baja Electric juga mempunyai in house production yang dapat memproduksi frame (basket), injeksi plastik untuk variasi speaker mobil (gasket, drill, facemate holder dan lain-lain), voice coil serta bengkel kerja untuk pembuatan internal tooling, moulding dan jig.

CV Sinar Baja Electric kini memiliki fasilitas produksi seluas 110.000 m2 (termasuk satu pabrik di China) yang dilengkapi dengan mesin-mesin berteknologi tinggi dan didukung karyawan yang professional dan berpengalaman di bidangnya.

Kini CV Sinar Baja Electric dikenal sebagai perusahaan yang berpengalaman dalam mendesain, memproduksi dan menguji produk speaker dengan standard dan regulasi internasional. Inspeksi dan pengujian produk dilakukan oleh Quality Assurance Division di CV Sinar Baja Electric sendiri dengan menggunakan standard yang diterapkan oleh American National Standard Institute (ANSI).

Sumber : Majalah Kina (No.2-2008) Departemen Perindustrian RI